Resep dan cara membuat es krim - Dondurma ice cream khas turki

Dondurma - Turki


Tentunya kamu sudah tak asing dengan es krim yang kerap disajikan dengan berbagai macam atraksi dari penjualnya, bukan? Ya, es krim Dondurma identik dengan cara penyajiannya yang sangat unik. Biasanya, es krim ini diletakkan menggunakan tongkat besi panjang dan disajikan di atas cone es krim. Dalam bahasa Turki sendiri, Dondurma berarti beku dan memiliki tekstur kenyal dan elastis.
Es krim unik ini terbuat dari susu, gula, salep (tepung yang terbuat dari sejenis akar pegunungan), dan mastic (getah dari pohon mastic). Salep dan mastic inilah yang membuat es krim Turki ini menjadi kenyal serta elastis.

Dondurma mungkin terlihat seperti es krim biasa, dan bahkan rasanya seperti es krim normal, tapi es ini memiliki tekstur yang tidak seperti es krim lainnya, karena bahan utamanya sendiri adalah susu kambing. Bentuknya tebal dengan teksturnya agak keras, sehingga untuk memakannya harus dengan cara dikunyah. Uniknya, Dondurma dikenal atas pertunjukan spektakuler yang ditampilkan penjualnya yang memiliki seragam khas dan unik.

Namun, es krim tersebut tidak langsung disajikan begitu saja, melainkan dibolak-balik terlebih dahulu sebagai salah satu hiburan bagi para pembelinya. Uniknya, meski cone es krim tersebut dibalik sekalipun, Dondurma masih 'kokoh' menempel dan tidak jatuh sama sekali.



Berbeda dengan es krim pada umumnya, tekstur pada Dondurma memang sangat elastis. Karena keelastisannya tersebut, es krim ini dapat dibentuk menjadi berbagai macam rupa. Bahkan, saking elastisnya, Dondurma dapat ditarik menjadi sebuah tali panjang yang bisa digunakan untuk bermain lompat tali, lho. Selain itu, es krim unik ini juga tidak cepat meleleh dan dapat bertahan lebih lama dibandingkan es krim biasa.

Rahasia dari tekstur es krim yang elastis terletak pada Salep yang merupakan salah satu bahan pembuatan es krim. Salep sendiri adalah tepung yang terbuat dari akar bunga anggrek ungu dan Mastic, getah yang memberi tekstur kenyal pada es krim.

Kendati teksturnya sangat kenyal dan elastis, namun Dondurma tetap lembut dan creamy saat disantap. Selain itu, Dondurma juga tersedia dalam berbagai variasi rasa seperti aneka buah-buahan. Segar!

Ternyata cara untuk membuat es krim dondurma cukup mudah lho, langsung saja mimin akan bagikan resep dan cara membuatnya.



BAHAN :
  • 4 cangkir susu
  • 1 gelas gula
  • 1 sdt salep
  • 1 sdt bubuk vanili

INSTRUKSI :
  • Campurkan salep, gula, dan bubuk vanila ke dalam mangkuk.
  • Panaskan susu sedikit dan tambahkan campuran salep secara bertahap. Pastikan tidak ada benjolan yang tersisa. Aduk terus. Mencapai konsistensi puding saat dimasak.
  • Bawa panas ke yang terendah dan masak selama 30-40 menit.
  • Biarkan dingin.
  • Pindahkan ke mangkuk dan masukkan ke dalam freezer. Biarkan selama 30 menit.
  • Ambil dan kocok terus dengan garpu selama 2-3 menit. Mengikis cyristals es yang Anda lihat di sekitar bagian atas wadah. Masukkan kembali ke dalam freezer.
  • Ulangi ini 4-5 kali setiap 30 menit. Anda akan melihat bagaimana peregangan ketika mengaduk. Jika Anda mengocoknya membiarkannya meregang, lebih baik.
  • Pindahkan campuran dalam wadah kedap udara dan bekukan selama 5 jam. Es krim dondurma siap disajikan.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep dan cara membuat Es Krim - Ais Kacang Khas Malaysia dan Singapura

Keutamaan Penghafal Al Quran